Lantai rumah merupakan salah satu komponen yang paling penting di dalam rumah. Sebab, kerapian hunian akan sangat terlihat dari bersih dan rapinya benda-benda yang ada di lantai. Oleh karena itu, selain menggunakan keramik yang sesuai dengan nuansa rumah, lantai juga perlu dilapisi dengan karpet. Supaya suasana rumah akan semakin nyaman dan hangat. Nah, salah satu karpet yang paling populer adalah jenis karpet bulu.

Jenis Karpet Bulu

Metode Terbaik Mencuci Karpet

Karpet bulu merupakan jenis karpet yang mempunyai material yang empuk dan juga halus. Hal tersebutlah yang menjadikan karpet ini nyaman untuk digunakan di rumah. Perlu Anda ketahui bahwa jenis karpet bulu hadir dengan beragam model dan bahan. Setiap jenisnya mempunyai ciri khas dan cara perawatannya sendiri. Di bawah ini adalah beberapa jenis karpet bulu yang bisa Anda pilih untuk menambah kesan hangat di rumah Anda.

1. Jenis Karpet Wol

karpet wol

Karpet wol adalah salah satu jenis karpet bulu yang banyak digemari. Karpet yang satu ini mempunyai material yang cukup empuk, hangat, dan juga tebal. Oleh sebab itu, karpet wol sangat cocok untuk digunakan di kamar tidur maupun ruang keluarga.

Selain hangat dan nyaman, karpet ini juga tidak mudah kotor dan tahan lama. Karpet wol tidak perlu dibersihkan secara rutin. Anda bisa menggunakan jasa cuci karpet setiap 6 bulan sekali.

2. Karpet Sutra

Apabila Anda memiliki dana lebih untuk membeli karpet, maka jenis karpet yang satu ini bisa Anda pilih. Karpet sutra merupakan karpet yang membutuhkan waktu cukup lama dalam proses pembuatannya. Dengan menggunakan karpet ini, rumah Anda akan terlihat semakin eksklusif dan indah.

Selain indah, karpet sutra juga sangat nyaman saat digunakan. Sebab, karpet ini terbuat dari material yang sejuk dan juga lembut. Tak cukup sampai disitu, keunggulan lain karpet sutra adalah dapat menyerap sinar ultraviolet dan meredam suara.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa perawatan karpet ini tidak boleh semabarangan. Jadi, Anda perlu menyiapkan budget khusus untuk membersihkan karpet tersebut agar tetap awet.

3. Karpet Bulu Viscose

Karpet bulu yang satu ini hampir mirip dengan karpet sutra. Namun bedanya, karpet viscose merupakan karpet sintetis. Oleh sebab itu, karpet tersebut dapat membuat rumah Anda semakin nyaman dan lebih indah.

Karpet ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membeli karpet sutra namun hanya memiliki dana yang terbatas. Meski harganya tidak semahal sutra, tapi karpet ini memiliki kualitas yang tidak kalah bagus.

4. Karpet Polypropylene

Karpet ini merupakan karpet sintetis yang sangat cocok digunakan di rumah yang memiliki balita. Sebab, karpet ini sangat mudah dibersihkan dan lebih mudah kering jika terkena air. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika anak-anak menumpahkan minuman di karpet.

Akan tetapi, karpet ini mempunyai kelemahan yaitu warna karpet mudah luntur. Benang-benang yang ada di dalam karpet juga mudah lepas. Jadi, tetap sesuaikan dengan budget Anda ya.

5. Karpet Nilon

Karpet nilon adalah salah satu karpet sintetis yang mempunyai daya tahan cukup kuat. Serat yang ada di dalam karpet tidak mudah lepas dan warna karpet tidak mudah luntur meski sudah digunakan bertahun-tahun.

Dengan keunggulan tersebut, akrpet ini bisa digunakan di berbagai ruangan yang ada di rumah Anda. Selain itu, karpet ini juga mudah dibersihkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda menggunakan karpet ini di area dapur.

6. Karpet Loop

Karpet ini merupakan gabungan dari karpet nilon, wol, dan polypropylene. Jadi, karpet loop sangat nyaman untuk digunakan dan tahan lama. Karpet ini sangat cocok digunakan di ruangan yang sering dilewati banyak orang. Selain bahannya yang awet, akrpet loop juga dapat menyamarkan jejak kaki.

Akan tetapi jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, seperti anjing atau kucing. Disarankan tidak menggunakan karpet ini. Sebab, kuku dari hewan-hewan tersebut dapat tersangkup di karpet dan membuatnya cepat rusak.

7. Karpet Saxony

Jenis karpet bulu yang terakhir adalah karpet saxony. Karpet ini terbuat dari material benang rajutan yang memiliki tekstur elegan dan indah. Bulu-bulu panjang yang terdapat pada karpet juga mudah diratakan, jadi lebih mudah dirapikan ya. Selain itu, karpet saxony juga mempunyai bulu yang paling lembut diabndingkan dengan karpet bulu lainnya. Sehingga karpet ini sangat cocok digunakan di ruang keluarga atau kamar tidur.

Itulah beberapa jenis karpet bulu yang bisa Anda pilih. Jadi, Anda ingin membeli karpet bulu yang mana nih?