Tips Membersihkan Karpet Mobil Secara Manual

Kebersihan mobil harus tetap Anda jaga, meskipun itu hanya sebuah karpet mobil. Karena itu akan menjadikan mobil menjadi nyaman ketika Anda menggunakannya. Pada saat musim hujan, mobil Anda akan terkena guyuran air hujan dan tanah kotor. Sehingga ini menjadi penyebab kondisi mobil baik kondisi eksterior maupun interior. Bagian eksterior mobil lebih gampang kotor karena bagian […]
Tips Membersihkan Karpet Mobil Secara Manual

by admin

Oct 16, 2021

Kebersihan mobil harus tetap Anda jaga, meskipun itu hanya sebuah karpet mobil. Karena itu akan menjadikan mobil menjadi nyaman ketika Anda menggunakannya. Pada saat musim hujan, mobil Anda akan terkena guyuran air hujan dan tanah kotor. Sehingga ini menjadi penyebab kondisi mobil baik kondisi eksterior maupun interior.

Bagian eksterior mobil lebih gampang kotor karena bagian luar yang sering bersentuhan dengan benda-benda. Sedangkan bagian interior mobil juga mudah koor karena perpindahan penumpang dari luar ke dalam, sehingga karpet mobil menjadi kotor dan berdebu.

Disini penulis akan memberikan tips dan cara membersihkan karpet mobil secara manual, agar mobil Anda semakin nyaman untuk digunakan.

Tips Membersihkan Karpet Mobil Secara Manual

Tips Membersihkan Karpet Mobil Secara Manual

Cara membersihkan karpet ini merupakan bagian penting untuk menjaga kebersihan mobil. Karpet mobil yang tidak dibersihkan dan sering di cuci, maka akan menyebabkan kotoran menumpuk dan menjadi lebih keras. Sehingga, kabin mobil ini tidak enak untuk dilihat penumpang. Semakin lama Anda membiarkan noda atau kotoran menggumpal, maka karpet mobil juga akan semakin sulit untuk dibersihkan.

Berikut tips dan cara yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan karpet mobil secara manual, sebagai berikut :

1. Cara pertama yang digunakan untuk membersihkan karpet mobil yaitu adalah Anda perlu mengeluarkan terlebih dahulu karpet yang bercampur dengan noda. Jangan membersihkan karpet mobil di dalam mobil, karena nodanya dapat menyebar ke tempat lain dan susah dibersihkan. Lebih baik Anda keluarkan terlebih dahulu karpet yang ada di bagian depan dan belakang.

2. Kemudian, Anda harus membasahi karpet dengan menggunakan air mengalir hingga bersih. Usahakan basahi karpet hingga merata dan menyeluruh. Sehingga noda karpet dapat dibersihkan dengan mudah.

3. Setelah itu, olesi karpet tersebut dengan menggunakan sabun atau sampo mobil. Kemudian tuang sabun ke bagian karpet mobil secukupnya saja. Jika noda atau kotoran karpet tebal, usahakan Anda meratakan sabun lebih banyak.

4. Sikat karpet yang telah diberi sabun dengan menggunakan sikat yang kuasnya berbentuk lebar. Gunakan sikat yang kuasnya tebal dan berukuran besar. Gunakan tenaga Anda untuk membersihkan karpet mobil ini agar kotoran karpet mobil hilang maksimal.

5. Kemudian sikatlah karpet mobil dengan menggunakan sikat. Sikat berbentuk kuas yang lebar untuk dibagian noda yang gampang dibersihkan. Serta gunakanlah sikat yang memiliki kuas tebal atau kuat untuk membersihkan noda yang susah hilang. Lalu tekan dengan kuat sikat tersebut supaya mendapatkan bersih yang maksimal.

6. Tips membersihkan karpet mobil secara manual selanjutnya adalah jika noda pada karpet sudah disikat maka siram dengan air bersih. Siram dengan air secara merata pada semua bagian serta sisi bawah maupun atas. Dan pastikan noda pada karpet mobil dan sabun deterjen ikut hilang bersama dengan siraman air tersebut.

7. Kemudian jika semuanya sudah Anda dapat langsung menjemur karpet mobil Anda. Namun usahakan supaya karpet mobil tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini karena jika Anda menjemur karpet mobil dibawah sinar matahari langsung maka warna dasar pada karpet akan berubah.

Untuk karpet mobil yang mempunyai bahan karet, bisa dijemur di tempat berangin supaya karpet cepat kering. Dan untuk karpet mobil yang berbahan beludru sebaiknya bersihkan lagi menggunakan lap bersih sebelum dijemur. Dengan catatan dibagian karpet harus sudah benar-benar kering sebelum Anda memasukkan ke kabin.

8. Dan jangan lupa agar membersihkan pada bagian dasar kabin menggunakan vacuum cleaner. Hal ini supaya dapat menghilangkan noda di tempat yang susah dijangkau.

9. Khusus untuk bagian bagasi, Anda bisa melapisi bagian tersebut menggunakan karpet yang gampang dilepas. Hal ini bisa Anda lakukan agar mudah jika ingin membersihkan atau mencuci karpet mobil.

10. Tips membersihkan karpet mobil secara manual yang terakhir yaitu bersihkanlah karpet mobil secara berkala. Paling tidak Anda harus membersihkan karpet mobil selama satu bulan sekali. Tujuannya yaitu supaya kondisi dari karpet mobil selalu terjaga.

Itulah tadi pembahasan mengenai tips membersihkan karpet mobil secara manual. Anda tidak perlu susah-susah membawa karpet mobil ke tukang cuci karpet. Karena mencuci karpet mobil secara manual tidak sesulit yang dibayangkan. Jika Anda ingin menjaga kebersihkan karpet mobil secara maksimal maka lakukan tips di atas secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.