Banyak orang mengira bahwa hanya dengan mencuci karpet saja sudah merupakan metode terbaik mencuci karpet. Padahal kenyataannya, mereka salah. Mencuci karpet saja bukanlah metode terbaik dalam membersihkan karpet. Beberapa metode singkat yang ada hanya akan membersihkan karpet tanpa menghilangkan noda membandel serta kotoran dan bakteri yang menempel pada karpet. Metode-metode itu biasanya dinilai mudah dan tidak begitu ribet.

Ada salah satu metode yang dinilai ampuh untuk membersihkan karpet, yaitu dengan menggunakan uap. Metode ini dapat dengan mudah menghilangkan bakteri dan kotoran menempel pada karpet sampai sekitar 90% yang. Selain metode tersebut, ada juga metode dry cleaning yang dinilai sangat ampuh dan dalam waktu yang cukup singkat. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin mencuci karpet untuk segera digunakan.

Nah untuk memastikan keefektifan dari kegiatan mencuci karpet Anda, agar hasilnya bersih secara keseluruhan dan maksimal, kami akan memberitahukan beberapa metode terbaik mencuci karpet yang bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkan kebersihkan karpet di rumah Anda.

Tips Menjaga Kebersihan Karpet

  • Sedot dengan vacuum cleaner untuk karpet yang berada di tempat yang sering dilewati orang, seperti karpet yang berada di ruang tamu minimal dua kali seminggu.
  • Untuk kekuatan vacuum cleaner, atur kekuatan sedotannya pada level tertinggi. Anda bisa merendahkan kekuatannya ke level dibawahnya jika vacuum terasa terlalu menarik.
  • Untuk perawatan bagi karpet yang terletak di tempat yang jarang dilalui orang, Anda dapat menggunakan level kekuatan rendah untuk membersihkannya.
  • Kantong vacuum cleaner juga dapat mempengaruhi performa vacuum cleaner dalam menyedot kotoran, jangan lupa untuk mengganti kantong setiap tiga bulan, dan ketika kantung vacuum sudah Nampak penuh.
  • Vacuum cleaner tidak cocok untuk membersihkan kotoran yang berbentuk cairan (teh, kuah makanan, kopi, es, jus, dll) dan bubuk kopi.
  • Agar pembersihan nampak lebih maksimal, Anda bisa menggunakan jasa vacuum atau jasa cuci karpet yang sudah banyak tersedia.

Setelah mengetahui beberapa tips dan trik untuk menjaga kebersihan karpet Anda, tentu Anda juga harus mengetahui tentang metode-metode terbaik dalam membersihkan karpet rumah Anda. Simak terus artikel ini sampai habis ya!

1. Menggunakan Sedot Debu dan Sapu Karpet

Sama seperti beberapa tips diatas, memang cara terbaik untuk membersihkan karpet adalah menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner. Karena perlu Anda ketahui bahwa menggunakan metode menyiram karpet dengan air hanya akan membuat kotoran dan debu malah semakin menempel dengan karpet dan tentunya akan semakin sulit untuk dihilangkan. Alangkah baiknya kamu membersihkan debu dan kotorannya terlebih dahulu, sebelum mencucinya.

2. Menggunakan Metode Gantung

Siapkan seutas tali yang panjang, lalu bentangkan sampai tegang dan tidak kendur di halaman rumah untuk menggantung karpet yang mau dicuci. Metode ini dapat mempermudah air untuk mengalir secara maksimal, disamping itu pula kamu tidak perlu repot-repot memindahkan karpet untuk menjemurnya.

3. Menggunakan Alat Penyemprot Air

Akan lebih maksimal dan efektif dengan menggunakan alat penyemprot air yang memiliki daya semprot yang kuat untuk membersihkan karpet. Air yang menyemprot kuat akan secara otomatis menghempaskan debu-debu serta kotoran yang menempel pada karpet.

4. Gunakan Detergen yang Lembut

Mencuci karpet, tentu memerlukan sabun detergen. Deterjen akan mempermudah Anda dalam melunturkan noda serta akan menambah aroma pada karpet yang Anda cuci. Jangan lupa untuk memilih deterjen yang sesuai dengan jenis karpet mu, agar karpet tidak rusak.

5. Bilas Berulang-ulang

Perlu diingat, Anda harus membilas karpet secara berulang-ulang untuk memastikan agar karpet sudah bebas dari sabun bekas pencucian karpet tersebut. Metode sekali bilas hanya akan menyisakan busa dan berpotensi membuat kasur menjadi bau. Maka dari itu, bilaslah karpet berulang-ulang akan lebih baik jika Anda menggosok karpet selagi dibilas.

6. Jemur di Tempat yang Tidak Terlalu Panas

Suhu tinggi dapat dengan mudah merusak material yang ada di karpet yang akan membuat karpet jadi cepat keras.

7. Beri Taburan Baking Soda

Memberi baking soda dapat mengurangi resiko karpet menjadi bau pasca pencucian karpet. Anda bisa menaburkan baking soda di atasnya, lalu tunggu selama 30 menit barulah Anda bisa membersihkan baking soda itu dengan cara menyedotnya menggunakan penyedot debu.

Itulah beberapa metode terbaik mencuci karpet yang dapat Anda terapkan dalam membersihkan karpet Anda. Jika dirasa kurang maksimal, Anda bisa menggunakan Jasa Cuci Karpet Surabaya yang menyediakan berbagai layanan cuci karpet dari mulai karpet rumah, hotel, hingga kantor.