Cara Menentukan Tata Letak Karpet Sesuai Ruangan

Karpet lantai tak hanya digunakan untuk pemanis ruangan saja, tapi juga memiliki fungsi untuk kenyamanan dan kehangatan. Supaya siapa saja yang menggunakan ruangan tersebut bisa merasa nyaman dan merasa hangat saat menginjakkan kaki di atas lantai yang sudah dilapisi dengan karpet. Walaupun hanya berbentuk selemar kain saja, tapi karpet juga mempunyai banyak manfaat dan fungsi […]

by admin

Dec 20, 2021

Karpet lantai tak hanya digunakan untuk pemanis ruangan saja, tapi juga memiliki fungsi untuk kenyamanan dan kehangatan. Supaya siapa saja yang menggunakan ruangan tersebut bisa merasa nyaman dan merasa hangat saat menginjakkan kaki di atas lantai yang sudah dilapisi dengan karpet. Walaupun hanya berbentuk selemar kain saja, tapi karpet juga mempunyai banyak manfaat dan fungsi untuk Anda yang menggunakannya. Sehingga jika Anda tidak pandai dalam menentukan tata letak karpet yang cocok untuk ruangan, maka fungsi dari karpet tersebut akan berkurang atau bahkan hilang. Sebab, nantinya Anda akan merasa tidak puas dengan hasilnya.

Di artikel kali ini, penulis akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menentukan tata letak serta pilihan karpet yang cocok dengan ruangan Anda.

Tata Letak Karpet Sesuai Ruangan

1. Perhatikan Ukuran Karpet dan Lokasi Peletakan Karpet

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran karpet dan juga lokasi peletakan karpet di dalam ruangan tersebut. Hal ini bertujuan agar tata letak karpet sesuai dengan yang diharapkan dan tidak menimbulkan kesan tidak nyaman untuk Anda maupun orang lain yang berada di ruangan tersebut. Jika Anda ingin meletakkan karpet di bawah sofa, maka Anda perlu memastikan bahwa ukuran karpet dan sofa tersebut. Hal tersebut bertujuan supaya penghungi urmah yang duduk di sofa tersebut masih bisa menyentuk karpet yang ada di bawahnya. Anda dapat memberikan jarak secukupnya untuk karpet yang Anda letakkan di ruang tamu atau ruang keluarga.

2. Pilih Bahan Karpet yang Sesuai Dengan Lokasi Peletakan Karpet

Tips kedua yaitu dengan memperhatikan bahan karpet. Jangan sampai Anda memiliki bahan karpet secara sembarangan. Karena hal tersebut akan mempengaruhi suasana ruangan Anda. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan bahan karpet yang dipilih dengan lokasi peletakan karpet. Misalnya, untuk karpet bahan vinyl, Anda bisa meletakkannya di ruang dapur. Sebab, karpet dengan bahan tersebut bisa lebih mudah untuk dibersihkan.

3. Pilih Karpet yang Berbentuk Selain Persegi

Sekarang ini, sudah banyak tersedia model karpet dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Biasanya, karpet yang dipakai adalah karpet yang memiliki bentuk persegi saja. Tapi ternyata masih banyak bentuk karpet yang sangat beragam. Untuk Anda yang ingin menambah kesan tajam tapi tetap halus. Anda dapat menggunakan karpet dengan bentuk lingkaran. Kemudian tambahkan meja berbentuk persegi di atasnya. Dengan begitu, ruangan Anda akan tampak lebih besar dan lebih tajam. Umumnya, karpet yang memiliki bentuk persegi panjang sangat cocok jika diletakkan di ruangan yang luas. Misalnya ruangan keluarga atau ruang tamu.

Baca juga: Cara Cuci Karpet Yang Benar tanpa Merusak Karpet

4. Pilih Motif Karpet yang Sesuai dengan Konsep Ruangan

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah dengan menyesuaikan motif karpet yang sesuai dengan konsep ruangan Anda. Dengan mengetahui konsep ruangan, maka Anda bisa lebih mudah dalam memilih motif karpet yang sesuai. Berikut adalah beberapa motif karpet yang bisa Anda pilih untuk beberapa konsep ruangan:

– Apabila ruangan tersebut memiliki konsep milimalis, maka Anda harus memilih karpet yang memiliki motif polos
– Jika ruangan tersebut memiliki konsep eropa, maka Anda harus memiliki karpet dengan motif eropa
– Apabila ruangan yang Anda miliki berkonsep skandinavian, maka Anda perlu memiliki karpet yang bermotif geometri dengan warna yang netral
– Jika karpet yang akan dipasang ditujukan untuk ruangan anak, maka Anda dapat menggunakan karpet dengan motif animasi atau hewan-hewan

5. Sesuaikan Warna Karpet dengan Ruangan Serta Furniturnya

Tips yang terakhir adalah dengan memilih warna karpet yang sesuai dengan ruangannya. Apabila ruangan Anda sudah terisi oleh banyak furnitur dan perabotan lainnya. Maka Anda bisa menggunakan karpet yang memiliki warna netral. Untuk karpet yang dipasang di kamar tidur, Anda bisa menggunakan karpet dengan warna gelap. Supaya tidak terlalu terkesan mencolok dan mengganggu pemandangan. Sesuaikan juga warna karpet dengan lantai yang ada di ruangan tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menentukan tata letak karpet sesuai dengan ruangannya. Untuk Anda yang ingin menambahkan karpet di suatu ruangan, maka Anda perlu memilihnya dengan tepat dan sesuai dengan konsep ruangannya. Supaya kesan minimalis dan rapi di suatu ruangan tetap terjaga.