Cara Cuci Karpet Yang Benar tanpa Merusak Karpet

Pada umumnya, karpet digunakan untuk alas dan sering diinjak-injak sehingga resiko bakteri dan kotoran yang menempel lebih besar. Tidak seperti mencuci perabotan lain, karpet tidak cukup dicuci hanya dengan air dan sabun biasa. Pentingnya pengetahuan khusus cara cuci karpet yang benar bertujuan agar karpet tidak mudah rusak. Hal ini karena karpet memiliki berbagai jenis bahan […]
cara cuci karpet

by admin

Oct 15, 2021

Pada umumnya, karpet digunakan untuk alas dan sering diinjak-injak sehingga resiko bakteri dan kotoran yang menempel lebih besar. Tidak seperti mencuci perabotan lain, karpet tidak cukup dicuci hanya dengan air dan sabun biasa. Pentingnya pengetahuan khusus cara cuci karpet yang benar bertujuan agar karpet tidak mudah rusak. Hal ini karena karpet memiliki berbagai jenis bahan yang berbeda. Maka, kenali dulu jenis bahan karpetnya sehingga dapat membersihkan dengan teknik yang tepat.

Jenis-jenis Karpet

Berikut beberapa jenis karpet yang perlu anda ketahui:

1. Karpet Sutra

Karpet sutra termasuk dalam jenis karpet mewah dengan kualitas tinggi yang harganya relatif mahal karena berbahan dasar serat alami. Meski mahal, karpet ini memiliki tekstur yang sangat halus, warna yang pekat, dan ditambah corak yang akan memberikan kesan yang mewah.

2. Karpet Wol

Terbuat dari rambut hewan seperti kambing atau domba, karpet wol memiliki daya tahan tinggi, tahan air dan noda, dan memiliki bahan yang nyaman di kulit.

3. Karpet Viscose

Karpet viscose memiliki tampilan dan tekstur mirip dengan karpet sutra yang berbahan sintetis. Harga karpet ini tidak semahal karpet sutra namun tetap memiliki kualitas yang dibutuhkan.

4. Karpet Katun

Karpet katun terbuat dari bahan alami dengan harga yang bisa dibilang terjangkau. Memberikan rasa nyaman pada permukaan kulit serta mudah untuk dibersihkan.

5. Karpet Polypropylene

Karpet jenis ini berasal dari bahan sintetis yaitu polimer termoplastik. Bahan karpet ini mudah dibersihkan ketika terkena noda dan harganya yang relatif murah.

Teknik-teknik Cuci Karpet

Berikut beberapa teknik cuci karpet yang benar dan tepat supaya karpet tidak mudah rusak.

1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Langkah awal untuk membersihkan karpet adalah menyedot debu menggunakan vacuum cleaner ke seluruh bagian karpet, ini mempermudah anda ketika proses pencuciannya.

2. Mencuci Menggunakan Teknik Menggantung

Gantung karpet di pagar atau jemuran ketika mencuci, ini supaya kotoran pada karpet dapat langsung jatuh dan anda tidak perlu membungkuk ketika membersihkannya.

3. Menggunakan Teknik Semprot

Basahi karpet dengan menyemprot ke seluruh bagian karpet dengan air menggunakan selang. Sehingga dapat mengeluarkan dan mendorong partikel atau debu yang menempel di sela-sela karpet.

4. Menggunakan Sabun Khusus Mencuci Karpet

Sangat disarankan untuk menggunakan sabun khusus untuk mencuci karpet supaya cairan pembersih tidak merusak bahan karpet, tidak membuat pudar, dan dapat membersihkan kotoran secara maksimal.

5. Menggunakan Baking Soda

Baking soda dapat menghilangkan noda membandel pada karpet yang tidak hilang menggunakan sabun tanpa merusak bahan atau serat karpet.

6. Menggunakan Sikat Halus

Ketika menggunakan baking soda atau sabun, adna dapat menyikat bagian karpet yang membutuhkan gosokan ekstra seperti noda atau kerak membandel pada karpet.

7. Bedak Bayi untuk Menghilangkan Bau

Karpet yang jarang dicuci dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan bau, gunakan bedak bayi untuk menetralkan bau pada karpet sehingga bau yang tidak sedap hilang.

8. Bilas Dua Kali

Lakukan bilas dua kali sampai tuntas tanpa ada sisa sabun atau partikel lainnya. Juga, supaya tidak ada bakteri atau sabun yang masih mengendap pada serat atau sela-sela karpet.

9. Jemur di Tempat Berangin serta Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung

Jemur karpet pada tempat yang bisa mendapatkan banyak angin. Sehingga karpet kering hingga ke sela-sela. Hindari menjemur karpet di bawah paparan sinar matahari langsung.

10. Bersihkan secara Rutin

Membersihkan karpet secara rutin menggunakan vacuum cleaner atau gunakan sabun khusus karpet saat karpet terkena noda.

Tips Merawat Karpet Supaya Tidak Cepat Rusak

Mencuci karpet saja tidak cukup untuk membuat karpet awet dan tidak cepat rusak. Namun merawat dan memperhatikan pemakaiannya juga penting. Berikut cara merawat karpet supaya awet dan tidak cepat rusak.

  • Perhatikan ketika menginjak karpet

Jangan menginjak karpet ketika kaki sedang basah apalagi kotor dan jangan gunakan karpet sebagai keset.

  • Segera bersihkan noda

Jika minuman atau makanan tumpah di karpet segera bersihkan noda, karena jika terlalu lama didiamkan akan sulit hilang.

  • Cuci karpet di tempat terpercaya

Supaya keawetan karpet terjaga caranya dengan mencucinya dengan benar. Gunakan jasa cuci karpet yang terpercaya seperti cuci karpet Surabaya.

  • Simpan karpet dengan tepat

Gunakan plastic sebagai pelindung karpet ketika tidak digunakan, kemudian jangan simpan di tempat yang lembab karena berpotensi tumbuhnya jamur.

Baca juga Alat dan Bahan untuk Laundry Karpet beserta Harganya

Itu dia cara mencuci karpet yang benar serta cara merawatnya supaya karpet tidak mudah rusak dan awet. Semoga artikel ini dapat membantu anda.