alat laundry karpet

Jasa cuci karpet kini sudah marak dan banyak bermunculan. Banyak orang yang pada akhirnya menekuni usaha ini. Mereka berbondong-bondong menawarkan jasa cuci karpet. Namun, dalam membangun usaha ini tentu kita akan membutuhkan peralatan yang cukup banyak.

Maka tak heran jika sekarang ini sudah banyak alat cuci karpet yang beredar di pasaran. Mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Selain itu, produk pabrikan yang canggih dan produk home industry juga tersedia. Pada intinya, semua peralatan tersebut digunakan untuk membantu dalam mencuci karpet. Jika layanan lebih banyak diminati, maka akan menambah keuntungan berlipat.

Berikut ini adalah beberapa alat cuci karpet yang bisa Anda miliki ketika Anda ingin membuka usaha cuci karpet.

  • Mesin Sikat Karpet

Umumnya mesin sikat karpet memiliki fungsi yang sangat fundamental. Jika melihat beberapa video yang membahas mengenai bagaimana penggunaannya, kinerja mesin sikat ini sangat efektif dan lebih hemat tenaga. Hasil sikatnya pun hampir mirip seperti polisher. Ketika sikat berputar, mesin akan terus didorong untuk menggerus karpet yang akan disikat. Untuk penggunaannya, mesin ini cukup sederhana dan tidak ribet serta ringan.

  • Mesin Polisher

Mesin polisher sebenarnya bukan alat yang digunakan untuk membersihkan karpet. Namun alat ini berfungsi sebagai alat pemoles lantai. Saat mencuci karpet, biasanya kita akan mengganti bagian sikat dengan sikat bawaan. Sedangkan saat memoles lantai, biasanya kita akan mengganti sikat dengan scrub. Scrub ini berbentuk bulat dan sedikit lembek. Alat ini memiliki fungsi yang cukup bagus, namun harganya lumayan mahal, yaitu sekitar 8-12 juta.

  • Vacuum Cleaner

Alat yang satu ini berfungsi untuk menyedot debu dan kotoran yang masih menempel pada karpet. Terlebih saat proses pencucian karpet kurang bersih, dimana karpet masih berdebu. Maka solusinya adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Untuk harga alat ini berkisar antara 600 sampai 8 jutaan. Tentu saja kualitasnya beda-beda, semakin mahal semakin berkualitas.

  • High Pressure

Alat ini merupakan mesin penyemprot air yang memiliki tekanan cukup tinggi. Biasanya alat ini sering digunakan untuk mencuci motor ataupun mobil. Tekanan air yang cukup tinggi mampu membersihkan kotoran yang menempel pada karpet hingga kesela-sela. Harga mesin ini berkisar antara 700 hingga puluhan juta.

  • Blower Khusus Karpet

Apa fungsi blower dalam pencucian karpet? Jadi jika Anda mencuci karpet di dalam ruangan, maka kemungkinan karpet yang Anda cuci tidak bisa diangkat keluar untuk dijemur. Nah, solusinya yaitu dengan menggunakan blower ini. Biasanya karpet yang memerlukan pengeringan dengan blower yaitu karpet yang ada di hotel, kantor, dan juga perbankan.
Cara menggunakannya yaitu dengan meletakkan blower di karpet yang akan dikeringkan setelah dicuci. Hidupkan blower dan tiupkan mulai dari low sampai high. Untuk harga blower sendiri berkisar antara 2 juta keatas.

  • Sniper Karpet

Sniper karpet adalah alat yang biasanya digunakan untuk mengeringkan karpet. Namun sebenarnya alat ini memiliki fungsi sebagai alat pemeras karpet yang baru saja dicuci. Karpet basah yang diperas menggunakan alat ini biasanya mendapatkan tingkat kekeringan hingga 90 persen. Produk sniper karpet kini sudah marak beredar di pasaran. Untuk harganya sendiri masih tergolong mahal, yaitu mulai dari 45 juta hingga 90 juta.
Nah, itulah beberapa alat yang mungkin perlu Anda miliki ketika Anda ingin membuka jasa layanan cuci karpet. Tentu alat-alat di atas tidak harus Anda miliki semuanya. Anda bisa memilih alat-alat yang sekiranya urgent dan sangat dibutuhkan untuk menunjang layanan yang Anda tawarkan. Misalnya saja alat pencuci karpet, sebab mesin ini tentu menjadi hal dasar yang perlu Anda miliki untuk membantu Anda dalam mencuci karpet client.