Alat Cuci Karpet Sederhana yang Bisa Ditemukan di Rumah

Karpet merupakan bagian penting dari dekorasi rumah dan dapat mempercantik ruangan dengan berbagai desain dan warnanya. Bahkan karpet kerap digunakan sebagai tempat untuk bersantai bersama keluarga dirumah. Namun ketika karpet sering digunakan maka akan terlihat kusam dan kotor karena terkena debu. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan karpet secara rutin. Tetapi kamu harus […]

by admin

Dec 7, 2021

Karpet merupakan bagian penting dari dekorasi rumah dan dapat mempercantik ruangan dengan berbagai desain dan warnanya. Bahkan karpet kerap digunakan sebagai tempat untuk bersantai bersama keluarga dirumah. Namun ketika karpet sering digunakan maka akan terlihat kusam dan kotor karena terkena debu. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan karpet secara rutin. Tetapi kamu harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar untuk mencuci karpet di laundry. Tapi tenang, kamu juga bisa mencuci karpet mu dirumah dengan menggunakan alat cuci karpet. Alatnya pun sederhana dan dapat dengan mudah kamu jumpai di rumah.

Cara Memilih Pembersih Karpet

Pembersih karpet dapat dibagi menjadi beberapa tipe, cara penggunaanya pun berbeda-beda tergantung tingkat kotoran dan metode pemakaian. Mari pelajari tipe-tipenya lebih lanjut supaya kamu dapat memilih yang sesuai untuk mu.

1. Tipe Perekat

Tipe perekat adalah pembersih karpet yang cara menggunakanya dengan menggulingkan pita perekat pada karpet. Dengan begitu kotoran akan menempel pada pita, kemudian terangkat dari karpet. Pembersih ini dapat membersihkan karpet dari bulu binatang, debu, serpihan makanan, dan tanah. Alat ini direkomendasikan jika kamu menggunakan vacuum cleaner namun kotorannya masih belum terangkat.

a. Pilih yang Dilengkapi Wadah Penyimpanan

Sebagian besar alat pembersih karpet jenis perekat biasanya dilengkapi dengan wadah penyimpanan. Periksalah wadah penyimpanan secara teliti sebelum menyesal ketika sudah membelinya. Produk dengan harga murah memiliki wadah plastik yang dapat ditutup dan dibuka, namun daya tahan wadah ini menjadi rendah setelah digunakan beberapa kali. Maka pastikan kamu membeli produk yang memiliki daya ketahanan yang kukuh.

b. Periksa Apakan Pita Perekat Dapat Diganti

Ada kalanya pita tersebut sulit dilepas ataupun daya rekatnya sudah melemah sehingga tidak dapat mengangkat debu secara maksimal. Jika sudah seperti ini maka segera ganti pita perekat supaya dapat digunakan lagi secara optimal.

2. Tipe Roller

Tipe roller ini menggunakan bahan khusus sehingga sampah dan debu dapat menempel. Alat pembersih karpet ini juga dapat membersihkan debu ataupun bulu binatang peliharaan yang menempel pada permukaan karpet.

a. Pastikan Produk Nyaman Digenggam

Tipe roller berbentuk T menyerupai bagian kepala dari penyedot debu. Ada juga yang berbentuk kotak seperti penghapus papan tulis. Disarankan untuk memilih produk ini yang mudah untuk digunakan dan nyaman ketika digenggam.

b. Produk Mudah Dioperasikan

Tipe roller ini akan mengumpulkan sampah karpet yang telah terangkat di bagian kepala roller. Jadi setelah selesai digunakan, buka penutup kepalanya dan buanglah sampah pada tempatnya. Dan perhatikan apakah alat ini dapat dioperasikan seperti demikian secara mudah atau tidak.

3. Tipe Bubuk

Pembersih karpet tipe bubuk dapat bekerja dengan membuat debu menjadi mudah terangkat. Alat ini cukup efektif untuk membersihkan noda dan debu yang sulit terangkat. Cukup taburkan bubuk pembersih kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner hingga karpet menjadi bersih lagi

4. Tipe Foam Atau Spray

Tipe ini dapat membersihkan tumpahan makanan atau minuman yang sulit dibersihkan. Foam atau spray ini juga dapat memudarkan noda akibat tumpahan kecap ataupun kopi yang menempel pada karpet.

Jika kamu ingin membersihkan karpet sendiri dirumah maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Dengan menggunakan alat-alat yang sederhana dan mudah ditemukan di rumah.

Peralatan Yang Diperlukan

  • Vacuum cleaner
  • Sikat bulu lembut
  • Sampo karpet atau detergen cair
  • Ember
  • Selang

Baca juga: Cara Cuci Karpet Yang Benar tanpa Merusak Karpet

Langkah-Langkahnya Dalam Membersihkan Karpet

Alat Cuci Karpet

1. Bersihkan Permukaan Karpet

Bersihkan permukaan karpet secara menyeluruh menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran. Sehingga nantinya tidak mengalami masalah ketika akan melakukan proses selanjutnya. Jika kamu memiliki hewan peliharaan maka bersihkan semua bulu hewan yang menempel pada karpet. Kamu dapat melakukan pembersihan debu karpet diluar rumah supaya debu benar-benar terangkat dan debu tidak mengotori ruangan.

2. Cuci Karpet

Gunakan shampo karpet untuk mencuci karpet supaya debu dan kotoran dapat terangkat dan hilang. Namun jika membutuhkan sesuatu yang lebih kuat, maka kamu dapat menggunakan deterjen cair yang sesuai dengan material karpet. Deterjen cair dapat digunakan untuk membersihkan karpet yang terbuat dari wol ataupun karpet antik.

Kamu dapat membersihkan karpet dengan baking soda, untuk karpet yang berbahan dasar dari goni. Sedangkan untuk karpet anyaman kamu cukup menggunakan detergen cair.

3. Sikat dan Bilas Permukaan Karpet

Kemudian sikat ataupun gosok permukaan karpet menggunakan spons atau sikat untuk menghilangkan noda yang membandel. Jika noda susah hilang maka sikat hingga noda benar benar terangkat. Setelah disikat menggunakan menggunakan deterjen cair kemudian diamkan beberapa saat. Bilas karpet yang sudah disikat menggunakan selang atau ember air secara benar hingga semua buih sabun hilang.

4. Keringkan Karpet

Jemur karpet hingga benar-benar kering, supaya tidak bau dan tidak menimbulkan jamur. Pastikan tiang penyangga jemuran harus kuat supaya karpet tidak jatuh dan nantinya akan kotor lagi. Balik setiap sisi karpet ketika menjemur supaya dapat kering secara maksimal.